Monday, March 10, 2014

Perintah Terminal Ubuntu

Hay guys,

Berikut ini adalah catatan saya tentang perintah command line ubuntu :

chmod : change mode, digunakan untuk mengubah ijin pemakai dalam mengaksess data 3 jenis permission yang dapat di rubah, "r (read)","w (write)","x (execute)" letter coding, "u (user)","g(group)","o (other)","a (all)" dan hanya memberi tanda (+) untuk menambahkan dan tanda (-) untuk mencabut.

ls    : melihat isi dalam file (list your file).

cd    : check directory, digunakan untuk berpindah direktori.

chown : merubah user ID (owner) sebuah file / direktori ( chown <user id> <file> ).

cp    : copy, untuk menyalin file ( cp <file1> <file2> ).

mkdir : make directory, digunakan untuk membuat direktori baru.

rm    : remove, digunakan untuk menghapus file dan secara default tidak menghapus direktori.

alias : digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah/command. misalnya perintah "ls" dijalankan dengan perintah "dir" alias dir=ls.

halt  : perintah ini hanya bisa digunakan oleh super user/anda dapat login sebagai root. perintah ini digunakan untuk memberitahu kernel supaya mematikan sistem/shutdown.

kill  : perintah ini akan mengirimkan sinyal ke sebuah proses yang kita tuju, tujuannya adalah menghentikan proses kill <sinyal> <pid> *PID adalah nomer proses yang akan di hentikan.

logout : untuk keluar dari sistem.

login : untuk masuk ke sistem dengan menggunakan login ID atau dapat juga digunakan untuk berpindah dari user lain ke user lainnya.

shutdown : perintah untuk mematikan, seperti perintah halt. pada beberapa sistem anda bisa menghentikan komputer dengan perintah shutdown -h now (untuk mematikan kernel) , shutdown -r now (untuk merestart kernel).

man   : manual, untuk memberitahukan/menjelaskan secara detail perintah itu digunakan untuk apa. apabila fungsi perintah tersebut man <perintah>.

pwd   : menampilkan nama direktori dimana anda saat itu sedang berada.

su    : Super User, untuk login sementara sebagai user lain. bila user ID tidak disertakan maka akan dianggap login sebagai super user/root.

unalias  : kebalikan dari alias, perintah ini akan membatalkan sebuah alias. "unalias dir".

df    : disk info, untuk melihat info setiap partisi/device (untuk melihat info -h "human can see", kalo tidak memakai -h maka hanya akan muncul binary-binary saja.

fsck  : semacam Scan disk (fsck /dev/...).

No comments:

Post a Comment